Wednesday, November 21, 2012

Intepretasi Seorang Ilmuan tentang Referensi Embriologi dalam Qur'an


Di copy paste dari GURAMI.

Dalam nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
Interpretasi Seorang  Ilmuwan tentang Referensi Embriologi dalam Al Qur'an

Keith L. Moore, Ph.D., F.I.A.C.

Alamat semua surat menyurat ke:
Keith L. Moore, Ph.D, FIAC, Profesor Anatomi dan Associate Dean Basic Sciences, Fakultas Kedokteran, Universitas Toronto, Toronto, Ontario M55 IAB, Kanada.

Laporan berkenaan dengan reproduksi manusia dan pembangunan yang tersebar di seluruh Qur'an. Hanya baru-baru ini bahwa makna ilmiah dari beberapa ayat-ayat ini telah dihargai sepenuhnya. Penundaan yang lama dalam menafsirkan ayat-ayat ini benar terutama disebabkan terjemahan yang tidak akurat dan komentar dan dari kurangnya kesadaran pengetahuan ilmiah.

Kepentingan dalam penjelasan ayat-ayat Al-Qur'an bukanlah hal baru. Orang-orang yang digunakan untuk meminta Nabi Muhammad segala macam pertanyaan tentang makna dari ayat-ayat yang berkenaan dengan reproduksi manusia. Jawaban RasuluLlah membentuk dasar dari literature hadits.

Terjemahan dari ayat-ayat dari Al-Qur'an yang ditafsirkan dalam makalah ini diberikan oleh Sheik Abdul Majid Zendani, seorang Profesor Studi Islam di Universitas King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi.
"Dia membuat Anda dalam rahim ibu Anda secara bertahap, satu demi satu, dalam tiga dinding kegelapan."

Pernyataan ini dari Sura 39:6. Kita tidak tahu kapan disadari bahwa manusia mengalami perkembangan di dalam uterus (rahim), namun ilustrasi pertama yang diketahui janin dalam rahim telah ditarik oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-15. Pada abad ke-2 Masehi, Galen menggambarkan plasenta dan selaput janin dalam bukunya "On The Pembentukan Foetus." Akibatnya, dokter di abad ke-7 kemungkinan mengetahui bahwa embrio manusia berkembang di dalam rahim. Hal ini tidak mungkin bahwa mereka tahu bahwa itu berkembang secara bertahap, walaupun Aristoteles telah menggambarkan tahap perkembangan embrio ayam pada abad ke-4 SM Realisasi bahwa embrio manusia berkembang secara bertahap tidak dibahas dan diilustrasikan sampai abad ke-15.

Setelah Mikroskop ditemukan pada abad ke-17 dengan deskripsi Leeuwenhoek terbuat dari tahap awal embrio ayam. Pementasan embrio manusia tidak dijelaskan sampai abad ke-20. Streeter (1941) mengembangkan sistem pertama pementasan yang kini telah digantikan oleh sistem yang lebih akurat yang diusulkan oleh O'Rahilly (1972).

"Yang tiga dinding kegelapan" bisa merujuk ke: (l) dinding perut anterior, (2) dinding rahim, dan (3) membran amniochorionic (Gambar 1). Meskipun ada interpretasi lain dari pernyataan ini, yang disajikan di sini yang tampak paling logis dari sebuah pandangan embriologi. Gambar 1. Menggambar dari bagian sagital dari perut betina dan panggul menunjukkan janin di dalam rahim. The "dinding kegelapan" adalah: (1) dinding perut anterior, (2) dinding rahim, dan (3) membran amniochorionic.

"Kemudian Kami jadikan saripati itu setetes di tempat istirahat."

Pernyataan ini dari Sura 23:13. Penurunan atau nutfah telah ditafsirkan sebagai sperma atau spermatozoa, namun interpretasi yang lebih bermakna akan menjadi zigot yang membagi untuk membentuk blastocyst yang tertanam di dalam rahim ("tempat istirahat"). Penafsiran ini didukung oleh ayat lain dalam Al Qur'an yang menyatakan bahwa "manusia diciptakan dari setetes campuran." Bentuk zigot oleh persatuan campuran sperma dan ovum ("Penurunan campuran").
"Kemudian Kami membuat drop menjadi struktur seperti lintah."

Pernyataan ini dari Sura 23:14. Kata "alaqah" mengacu pada lintah atau darah '. Ini adalah deskripsi yang tepat bagi embrio manusia dari 7-24 hari ketika menempel di endometrium pada uterus, dengan cara yang sama bahwa lintah menempel di kulit. Sama seperti lintah darah berasal dari host, embrio manusia berasal dari darah desidua atau endometrium hamil. Sungguh luar biasa bagaimana embrio yang berumur 23-24 hari bisa menyerupai seekor lintah (Gambar 2). Karena tidak ada mikroskop atau lensa tersedia di abad ke-7, dokter tidak akan tahu bahwa embrio manusia memiliki penampakan seperti lintah. Pada bagian awal minggu keempat, embrio hanya terlihat dengan mata telanjang karena lebih kecil dari kernel gandum. Gambar 2.
Top, sebuah gambar dari lintah atau darah '.
Di bawah ini, sebuah gambar embrio 24 hari-tua manusia.
Perhatikan penampakan seperti lintah dari embrio manusia pada tahap ini.

"Kemudian bahwa struktur seperti lintah, Kami membuat dikunyah benjolan."

Pernyataan ini juga dari Sura 23:14. Kata Arab "mudghah" berarti "substansi dikunyah atau dikunyah benjolan." Menjelang akhir minggu keempat, embrio manusia tampak seperti gumpalan mengunyah daging (Gambar 3). Mengunyah hasil penampilan dari somit yang menyerupai tanda gigi. Para somit merepresentasikan permulaan primordia dari vertebrae. Gambar 3.
Kiri, model plastisin dari embrio manusia yang memiliki penampilan dikunyah daging.
Benar, sebuah gambar embrio manusia 28 hari-tua menunjukkan beberapa manik-seperti somit yang menyerupai tanda gigi dalam model yang ditampilkan ke kiri.

"Kemudian Kami terbuat dari tulang benjolan dikunyah, dan pakaian tulang dalam daging."

Ini kelanjutan dari Sura 23:14 menunjukkan bahwa dari tahap mengunyah benjolan, tulang dan otot terbentuk. Hal ini sesuai dengan perkembangan embriologi. Pertama tulang terbentuk sebagai model kartilago dan otot (daging) berkembang di sekitar mereka dari mesoderm somatik.
"Kemudian Kami dikembangkan dari itu makhluk lain."

Bagian berikutnya dari Sura 23:14 mengimplikasikan bahwa tulang dan otot menghasilkan pembentukan makhluk lain. Ini mungkin merujuk pada embrio manusia-seperti yang terbentuk pada akhir minggu kedelapan. Pada tahap ini memiliki karakteristik manusia khusus dan memiliki primordia dari semua organ internal dan eksternal dan bagian. Setelah minggu kedelapan, embrio manusia disebut janin. Ini mungkin makhluk baru yang merujuk ayat.
"Dan Dia memberi Anda mendengar dan penglihatan dan perasaan dan pengertian."

Ini bagian dari Sura 32:9 menunjukkan bahwa indera pendengaran khusus, melihat, dan merasakan berkembang dalam urutan ini, yang benar. The primordia dari telinga internal muncul sebelum awal mata, dan otak (tempat pemahaman) berdiferensiasi terakhir.
"Kemudian keluar dari sepotong daging dikunyah, sebagian terbentuk dan sebagian belum terbentuk."

Ini bagian dari Sura 22:05 nampaknya mengindikasikan bahwa embrio tersusun atas jaringan berbeda dan dibeda-bedakan. Sebagai contoh, ketika tulang rawan dibedakan, jaringan ikat embrio atau mesenkim di sekitar mereka dibeda-bedakan. Ia akan berdiferensiasi kemudian menjadi otot dan ligamen yang menempel di tulang.
"Dan Kami menyebabkan siapa yang Kami akan beristirahat dalam rahim untuk waktu yang ditentukan."

Bagian berikutnya dari Sura 22:05 tampaknya menyiratkan bahwa Tuhan menentukan embrio akan tetap berada di rahim sampai jangka waktu penuh. Hal ini juga diketahui bahwa banyak embrio gagal berkembang selama bulan pertama perkembangannya, dan hanya sekitar 30% zigot yang terbentuk, berkembang menjadi janin yang bertahan sampai kelahiran. Ayat ini juga telah ditafsirkan bahwa Allah menentukan apakah embrio akan berkembang menjadi anak laki-laki atau perempuan.

Penafsiran ayat-ayat dalam Al-Qur'an mengacu pembangunan manusia tidak akan mungkin terjadi pada abad ke-7, atau bahkan seratus tahun yang lalu. Kita dapat menginterpretasikannya sekarang karena sains modern tentang embriologi mampu memberikan pemahaman baru. Tidak diragukan lagi ada ayat-ayat lain dalam Al-Qur'an terkait dengan pengembangan manusia yang akan dipahami di masa depan dengan meningkatnya pengetahuan kita.

No comments:

Post a Comment